Breaking News
Home / Productivity / Cara Mengatasi Smartphone Tercebur Air Laut

Cara Mengatasi Smartphone Tercebur Air Laut

Telah banyak tips yang menyelesaikan masalah apabila smartphone tercebur di air tawar, lalu bagaimana tips kalau seandainya tercebur di air laut dengan kandungan garam? Apakah masih dapat diselamatkan?

 

Sebetulnya proses mengatasi terceburnya smartphone di air tawar maupun air laut sama, Cuma yang berbeda di penanganan awalnya. Air laut ini bersifat sangat korosif, jadi komponen sangat krusial untuk smartphone kita selamat ketika terkena air laut ialah “memandikannya” dengan air tawar seketika saat diangkat dari air laut.

 

Meski kelihatannya agak aneh smartphone tercebur malah kembali “dimandikan”, air tawar ini yang akan menetralkan air laut yang masuk ke dalam smartphone. Saya pun malah merekomendasikan bukan untuk sekedar mengucurkan atau menyiram air tawar ke atas smartphone, melainkan benar-benar memasukkan smartphone ke ember berisi air tawar dan mengucek-uceknya.

 

Apabila smartphone mempunyai baterai yang bisa dilepas, sebaiknya lepaskan dahulu baterai baru merendamnya ke air tawar.  Kalau seandainya baterai tanam, matikan smartphone dan masukkan ke dalam air tawar, untuk menetralkan air laut tersebut.

 

Sesudah beberapa detik menguceknya di air tawar, keluarkan smartphone dari dalam air, lalu keringkan sebisa mungkin dengan lap atau tissue, hindari pemakaian hair dryer, hindari perasaan penasaran untuk mencoba menyalakannya, dan masukkan smartphone ke dalam toples tertutup berisi silica gel yang cukup, atau seandainya tidak ada boleh diganti beras, dan biarkan beberapa hari di dalamnya hingga benar-benar air dan kelembaban di dalam smartphone keluar. Baru coba dinyalakan ulang.

 

Ketika bermain ke pantai, sebaiknya kalau mempunyai smartphone yang bukan tahan air, bawa juga kantong khusus tahan air untuk smartphone yang kini telah mudah dibeli.

 

Seandainya  tak ada, plastik obat yang bisa dibuka tutup juga boleh dipakai untuk berjaga-jaga. Dan jangan lupa senantiasa membawa botol berisi air mineral, berjaga- jaga apabila smartphone jatuh ke air laut segeras cuci dengan air mineral tersebut. Sekian tips dari saya bila ada kata yang kurang bekenang mohon dimaafkan, Trimakasih

About Nino

hanya sekedar tulis-tinulis untuk membagikan informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *