Breaking News
Home / Website / Cara Mengatasi Thumbnail Pada Saat Share Link di Sosial Media

Cara Mengatasi Thumbnail Pada Saat Share Link di Sosial Media

Hai Selamat pagi sahabat nyekrip kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengatasi Thumbnail yang tidak muncul atau tak sesuai pada saat share link di social media, social media disini mencangkup facebook, twitter, path, dll.  Mungkin disini, banyak kalian yang menganggap hal semacam ini nggak penting. Lagi pula nggak tau gimana solusi mengatasinya, maka jadilah malas dan ngebiarin saja thumbnail yang tampil nggak sesuai dengan postingan. Menurut analisis saya gambar dan deskripsi yang muncul ketika kita share dalam sebuah link, cukup penting dalam hal untuk menarik minat pembaca. Misal judul sudah cukup baik untuk menarik minat pembaca tetapi alangkah baiknya gambar dan deskripsi itu muncul yang sesuai agar ini dapat meberikan dampak positif dan terlihat web atau blog professional.

Disini kita menganalisis tentang Thumbnail facebook karena ini sering dilakukan oleh blogger pemula sampai  blogger senior. Facebook sampai sekarang masih memakai alogaritma dalam melakukan scan dari data yang berada di dalam sebuah link tersebut, dengan mengambil datanya, lalu disimpan ke dalam cache server facebook. Setelah semua itu, maka akan terjadilah sebuah proses crawl di mana sphider  Facebook men-scan berbagai teks yang terlihat, hyperlink, dan konten pada tag (contohnya meta tag yang berisi deskripsi dan keyword). Pada saat sphider tersebut mencari meta data tidak ditemukan, secara otomatis sphider Facebook akan ngambil data gambar dan teks apapun yang pertama kali ia temuin di halaman tersebut. Maka dari itu, tidak sedikit saat di-share, yang muncul malah gambar banner dan deskripsi si Pembuat blog atau creator template itu sendiri (bila template hasil download dari orang).

Saat share di facebook terkadang akan nampilin banyak gambar dan diberi panah buat milih. Tetapi sering pula pilihan ini tidak tampil. Lagi pula masih enak dan simple bila thumbnail gambar dan deskripsinya muncul secara otomatis. Maka dari sini saya berikan tutorialnya (khusus untuk Blogger  dan untuk yang lain bisa menyesuaikan).

  1. Masuk halaman dashboard Blogger ya bukan wordpress. Pilih Template, lalu Edit HTML.
  2. Letakkan kodeini di bawah, sebelum kode <b:skin>
    *URL_Gambar.jpg ini diganti dengan URL Gambar dari kita sendiri. Kalau blogspot bisa lewat upload gadget gambar lalu kita buka tampilan blog tadi dan klik kanan pada gambar yg diupload disitulah url gambar

    Nah itu tadi hanya sekadar menampilkan thumbnailnya saja. Kali ini cara menampilkan deskripsinya

    Kasus dari deskripsi yang tidak muncul karena Facebook tidak menemukan deskripsi yang dicari. Facebook hanya mengenali tag paragraf atau <p>, sedangkan tag otomatis dari Blogger adalah <div>. Kalau anda memiliki masalah deskripsi tulisan yang tidak sesuai, bisa mencoba dengan menambahkan tag paragraf sebelum mengisi isi postingan. Tapi, bikinnya di bagian HTML, bukan pada bagian compose. Dan, ketika anda menuliskan tag ini, jangan langsung dibalikin ke compose sebelum di-save. Karena tag-nya akan kembali ke <div>.

    Contoh

     

    Langkah selanjutnya kita bersihkan cache facebook

    Dan sekara template responsive udah secara otomatis social media tag sudah disisipin oleh sang desainer alias empunya. Kalo memang belum ada ya coba kita bikin sendiri.

About Nino

hanya sekedar tulis-tinulis untuk membagikan informasi

Check Also

Macam Macam Htaccess Untuk Kita Ketahui

Pada hari ini saya akan sharing htaccess yang dibilang sangat mudah dan juga bisa sangat …

One comment

  1. Masalah ini memang sering terjadi pada saat kita belajar membuat web sendiri alias ngoding,Terimakasih mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *